Seperti yang diketahui dalam dunia jahit, pakaian dan kain tentu saja tersebar banyak sekali jenis kain yang bisa diolah menjadi berbagai jenis pakaian. Salah satunya adalah kain baby terry dan fleece yang ternyata memiliki perbedaan dan karakteristiknya tersendiri lho. Nah, dalam uraian ini sendiri akan dibahas mengenai perbedaan kain baby terry dan fleece dan bagaimana keunggulan juga kekurangannya.

Sehingga tentu saja nantinya pembaca bisa melakukan perbandingan secara nyata terhadap keduanya sebelum menentukan membeli bahan yang dimaksud. Bagaimanapun setiap jenis kain memang memiliki karakteristik tertentu, sehingga pengaplikasiannya tidak bisa disamakan. Yuk, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah uraian mengenai perbedaan kain baby terry dan fleece yang wajib diketahui!

Perbedaan Kain Baby Terry dan Fleece

Karakteristik Kain Baby Terry

Untuk yang pertama, mari bahas dan uraian bersama mengenai karakteristik dari kain baby terry, sebelum membahas rivalnya. Apa saja keunikan, keunggulan dan karakteristik kain yang populer satu ini? berikut adalah uraiannya

1. Halus dan Lembut

Untuk perbedaan kain baby terry dan fleece yang pertama jika dari kain baby terry adalah tekstur kainnya halus dan lembut. Sehingga tidak kaku atau kasar pada permukaan kainnya. Kain baby terry ini sendiri banyak diaplikasikan sebagai blouse atau pakaian wanita pada umumnya.

2. Mampu Menahan Suhu Tubuh

Jadi karakteristik dari kain baby terry adalah mampu menahan suhu tubuh dengan baik. Tidak membuat penggunanya menjadi panas dan gerah saat menggunakannya. Apalagi kainnya cenderung mampu menyerap keringat yang ada.

3. Memiliki Volume Ringan dan Nyaman Digunakan

Untuk karakteristik dari kain ini selanjutnya adalah volumenya tidak tebal dan lebih kepada ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Cocok untuk karakteristik cuaca tropis karena enteng digunakan. Apalagi untuk aplikasi pakaian keseharian.

READ  4 Jenis Bahan Dry Fit Yang Laris Di Pasaran

Baca juga: bahan dan desain kaos olahraga

4. Kurang Awet

Meski demikian, karena ringan maka keawetannya juga cenderung kurang. Kerapatan dari rajutannya yang standar membuatnya menjadi agak lebih mudah robek. Meski demikian kain ini sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.

Karakteristik Kain Fleece

Nah diatas sendiri sudah dibahas mengenai kain baby terry, agar semakin lengkap maka berikut ini bahas mengenai kain fleece ya. Apa saja kiranya karakteristik, keunggulan dan keunikannya?

1. Tampilannya Lebih Mengkilap

Untuk kain fleece sendiri dibandingkan baby terry memang tampilannya lebih mengkilap lho. Sehingga bagi yang suka dengan warna-warna dan padanan hasil visual yang berkilau bisa memilih jenis kain ini. Tampilannya super mengkilap!

2. Bahan Fleksibel dan Elastis

Untuk karakteristik dari kain fleece lainnya adalah bahan ini sangat fleksibel dan elastis. Sehingga cocok untuk pembuatan sweater atau kaos yang super melar dan mengikuti bentuk tubuh. Sangat tepat dipilih bagi yang suka pakaian berbahan elastis menyesuaikan bentuk tubuh.

3. Terdapat Rongga yang Cukup Untuk Sirkulasi Udara

Karakteristik lainnya dari kain fleece adalah terdapat rongga udara yang cukup untuk sirkulasi udara. Sehingga bisa membuat keringat yang masuk tidak bersarang lama di tubuh dan meninggalkan bau kurang sedap. Jadi meski bervolume  tebal tapi jenis kainnya memang dilengkapi rongga-rongga yang cukup udara.

Baca juga: bahan hisofy

4. Awet dan Tahan Lama

Dibandingkan dengan kain baby terry untuk kain fleece sendiri cenderung tahan lama. Awet saat digunakan dalam segala cuaca dan mengalami pencucian berkali-kali. Jadi cocok bagi yang suka pakaian  bahan tahan lama agar irit pembelian!

Ketika akan membuat sebuah pakaian atau jahitan lainnya menggunakan bahan tertentu maka perlu sekali untuk memperhatikan detail bahan-bahannya. Misalnya saja  dengan perbedaan kain baby terry dan fleece yang ternyata memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing bukan. Lewat uraian diatas, diharapkan kini konsumen, penjahit atau desainer sendiri tidak akan bingung dalam menggunakan keduanya sebagai aplikasi bahan jahitan.