Jenis Bahan Kemeja Drill

Seringkali kita mengenal bahan kemeja drill dengan menyamakan teksturnya. Padahal, penggunaan bahan drill untuk kemeja memiliki jenis yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui macam-macamnya dan peruntukannya:

1. Castillo Drill

Banyak kemeja bahan drill, menggunakan jenis bahan kemeja drill Castillo. Hal tersebut dikarenakan, jenis kain ini memiliki tekstur yang kuat namun tidak kaku dan tetap lembut. Disamping itu jenis kain ini sering dipilih karena harganya yang terjangkau. Jenis kain ini sangat kuat dan rapat, namun tidak mudah kusut.

Penggunaannya seringkali digunakan untuk seragam kerja, seragam sekolah, serta beberapa serangan ekstrakurikuler sekolah yang memiliki aktivitas yang cukup padat. Seperti penggunaan seragam ekstrakurikuler pramuka, paskibra, PMR, yang memiliki aktivitas di luar ruangan yang cukup tinggi.

2. Japan Drill

Jenis kain yang drill yang satu ini memiliki tekstur yang cukup kuat, serta serat yang lebih besar. Teksturnya tersebut menjadikan jenis kain ini lebih kuat, bahkan tidak mudah robek ketika digunakan untuk kegiatan di luar ruangan sekalipun. Disamping itu, kain ini sangat tebal namun tetap terlihat adem.

Penggunaan jenis kain ini seringkali digunakan untuk bahan baju militer. Teksturnya yang kuat, sangat cocok untuk baju-baju militer yang seringkali beraktivitas cukup aktif di lapangan atau melakukan latihan perang. Apabila tentara menggunakan baju dengan bahan ini maka akan terlindung dari gesekan dan luka – luka kecil yang diakibatkan karenanya.

3. American Drill

Kemeja bahan drill dari jenis kain American drill ini memiliki tekstur yang lebih lembut dari japan drill, namun tetap kuat. Sehingga memungkinkan kemeja yang menggunakan bahan ini mudah disetrika dan dirapikan. Oleh sebab itu, beberapa seragam sekolah sangat disarankan menggunakan bahan ini. Disamping itu, bahan ini pun sangat mudah dibedakan secara kasat mata antara luar dan dalam kain.

Banyak orang yang menggunakan kemeja dari bahan jenis ini digunakan untuk jas almamater. Teksturnya yang lebih ringan dari jenis drill lainnya, namun tetap kuat dan lembut. Sehingga banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan kain jenis ini, karena tidak panas.

READ  Ingin Membuat Baju Olahraga? Cek Bahan Desain Kaos Olah Raga yang Menarik

4. Twist Drill

Banyak orang yang mengenal bahan kemeja drill hanya terdiri dari satu jenis saja, yaitu twist drill. Hal tersebut dikarenakan jenis kain ini banyak digunakan untuk penggunaan jaket  jas almamater, serta beberapa jenis kemeja. Teksturnya yang lebih kecil, bahkan cenderung tahan air menjadikan salah satu keunggulan kain ini.

Kemeja yang menggunakan jenis kain ini lebih rapi serta nyaman untuk digunakan, tidak panas bahkan untuk penggunaan pada cuaca tropis sekalipun. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan kain ini untuk kemeja, bahkan cocok untuk menghadirinya ke acara-acara resmi sekalipun, bahkan terlihat lebih elegan.

5. Hisofy Drill

Kemeja bahan drill yang banyak dibuat untuk penggunaan seragam militer lainnya adalah dengan menggunakan hisofy drill.  Teksturnya hampir menyerupai jenis kain japan drill. Pembeda jenis kain ini dari japan drill yaitu memiliki tekstur yang lebih lembut dan lentur.

Kain ini pun tidak panas, serta nyaman dipakai. Dengan demikian, bagi pengguna kemeja yang tinggal di daerah beriklim panas. Sangat cocok menggunakan kain dengan jenis ini. Itulah sebabnya, jenis kain ini banyak digunakan di daerah yang beriklim tropis dan cenderung panas.

Baca juga: desain dan bahan baju olahraga

Itulah beberapa jenis-jenis bahan kemeja drill yang sering digunakan untuk kemeja. Teksturnya yang kuat, menjadikan kemeja bahan drill sering dipilih karena lebih awet dan lebih rapi. Sehingga beberapa seragam dan jas almamater menggunakan jenis kain ini.