Membuat kaos olahraga tidak bisa disamakan dengan pembuatan kaos yang digunakan sehari-hari. Beda jenis olahraga membutuhkan desain serta fitur yang berbeda pula. Namun, pada dasarnya kaos olahraga harus terbuat dari bahan yang memiliki sirkulasi olahraga yang baik serta dapat menyerap keringat. Dan untuk membuatnya tampak menarik, maka desain kaos olah raga harus unik.

Saat akan membuat kaos olahraga, tentukan terlebih dahulu kegunaan serta pemakaiannya untuk olahraga apa. Selanjutnya, tentukan desain kaos olah raga yang diinginkan agar tampak menarik dan terlihat bagus ketika digunakan. Perlu diingat bahwa tidak semua bahan kaos dapat dibordir sehingga sablon atau printing merupakan alternatif untuk mendesain kaos.

Model & Desain Kaos Olah Raga

Setelah mengetahui bahan terbaik yang bisa digunakan untuk kaos olahraga, maka saatnya menentukan desain dari kaos tersebut. Selain nyaman digunakan, kaos olahraga harus memiliki desain yang bagus agar tampak menarik ketika digunakan. Berikut adalah beberapa ide desain kaos olah raga yang bisa digunakan untuk berbagai jenis olahraga:

1. Polo – Motif Separuh

JIka ingin kaos olahraga yang juga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, maka pilihlah kain berbahan katun combed. Agar tampak menarik ketika digunakan, maka pilihlah model dengan polo, karena model ini bisa digunakan untuk kedua kondisi. Selanjutnya pilih warna netral yang bisa dijadikan warna dasar untuk kaos, seperti warna hitam.

Tambahkan desain simpel seperti garis miring atau lurus pada satu bagian kaos seperti sisi kanan kaos. Garis tersebut bisa diteruskan hingga ke bagian pundak belakang. Untuk identitas dapat diletakkan pada bagian kiri depan kaos (pada bagian dada) dan belakang kaos. Agar kaos dapat digunakan untuk kegiatan lain selain acara olahraga, maka buatlah logo tidak terlalu besar.

READ  4 Jenis Bahan Dry Fit Yang Laris Di Pasaran

2. Jersey Hitam-Pink

Apabila berencana membuat kaos untuk seragam olahraga seperti bola atau volly, maka desain terbaik adalah jersey. Namun, agar jersey terlihat dan menarik dibandingkan dengan yang lain, pilihlah warna yang menonjol seperti pink. Agar tidak tampak terlalu feminim, maka pilihlah warna pink fanta dengan kombinasi hitam.

Untuk logo timnya taruhlah pada bagian kanan atau kiri depan dada. Nama dari timnya dapat diletakkan dibawah logo. Selanjutnya untuk nama pemain atau pemilik kaos dapat diletakkan pada bagian belakang Pundak. Sedangkan di bawah nama pemain bisa diberikan nomor pemain jika ada.

3. Gradasi Warna Biru-Kuning

Jika ingin jersey terlihat lebih menonjol, maka buatlah jersey futsal printing olahraga dengan konsep gradasi. Konsep gradasi menggunakan dua warna atau lebih yang membuat tingkatan warna tertentu, tapi tidak merubah warna dasarnya. Pilihlah dua warna yang sekiranya cocok untuk dijadikan satu seperti biru-kuning, hitam-pink, merah-emas dan masih banyak lagi.

4. Kaos Sablon Merk-Logo Tengah

Buatlah desain kaos olah raga yang simpel dengan konsep kaos polos. Desain yang simpel bisa membuat kaos tampak lebih simpel dan elegan untuk digunakan. Namun agar kaos tidak terlihat terlalu simpel dan membosankan, tambahkan logo pada bagian depan tengah atau kiri kaos.

Bahan Terbaik Untuk Kaos Olahraga

Saat ini terdapat banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk kaos olahraga. Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda, serta kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui bahan yang terbaik untuk membuat kaos olahraga. Berikut adalah rekomendasi bahan terbaik yang bisa digunakan untuk kaos olahraga:

1. Hyget

Hyget merupakan bahan yang berasal dari serat sintetis biji plastik. Seperti bahan plastik yang lain, Hyget memiliki permukaan yang licin serta mengkilap. Bahannya pun lemas dan lentur, sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan ruang gerak yang banyak. Namun kekurangan dari bahan kain ini adalah daya serap keringatnya yang kurang baik.

2. Hyget Super

JIka membutuhkan Hyget dengan kualitas yang lebih bagus dengan harga yang tetap terjangkau, maka Hyget Super bisa menjadi alternatif. Bahan ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan rapi dibandingkan dengan versi yang biasa. Selain itu, Hyget Super memiliki daya serap keringat yang lebih baik sehingga cocok digunakan untuk kaos bola atau kaos olahraga sehari-hari.

READ  Mengenal Berbagai Jenis Bahan Kemeja Drill dan Peruntukannya

3. Sintetis

Salah satu bahan kaos olahraga yang mudah didesain dan bisa membuat kulit bernafas adalah bahan sintetis. Bahan sintetis dapat menyerap keringat dengan baik sehingga bisa membuat sang pemakai tetap sejuk sepanjang kegiatan. Selain itu, sintesis juga memiliki kelenturan yang baik sehingga tidak menghalangi orang ketika bergerak.

4. Dryfit

Dari semua bahan diatas, salah satu bahan yang terbaik adalah dryfit. Bahannya cukup ringan namun adem saat dikenakan. Meskipun tidak menyerap keringat, namun bahan dryfit mampu mengalirkan keringat dengan baik sehingga tidak membuat gerah. Harga bahan ini memang tergolong mahal, pembeli akan mendapatkan kualitas yang sepadan dengan harganya.

Ketika ingin membuat kaos olahraga, pastikan untuk memilih jenis bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Karena inilah faktor utama yang menentukan kenyamanan dari kaos tersebut. Selanjutnya, jika bahan sudah ada, saatnya menentukan desain dari kaos yang akan diproduksi. Pilihlah desain kaos olah raga yang menarik namun polos, agar kaos bisa digunakan juga untuk keperluan lain.